Presentasi
Manajemen dan Strategi Social Media Untuk Bisnis
Apakah
Anda mencari referensi presentasi manajemen dan strategi untuk mengembangkan
bisnis Anda melalui social media?
Jika
benar, maka presentasi manajemen dan strategi “Social Media For Business” yang
dibuat oleh Presentation Advisors berikut ini akan membantu Anda memaksimalkan
social media sebagai senjata marketing produk Anda dengan baik.
Dengan
mempelajari salah satu presentasi manajemen dan strategi social media terbaik
ini Anda akan mendapatkan wawasan bagaimana mengembangkan bisnis Anda dengan
baik dalam era social media saat ini.
Silahkan
Anda simak slide presentasi manajemen dan strategi social media untuk bisnis
berikut ini, dan perhatikan ulasan lengkapnya.
Social
Media for Business from Presentation Advisors
Dari
presentasi bahasa inggris tersebut dijelaskan ada 5 strategi yang harus
dijalankan untuk memaksimalkan social media bagi pertumbuhan bisnis Anda.
1. Establish Goals (menetapkan Tujuan)
Langkah
awal yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis melalui social media
adalah menetapkan tujuan. Dalam bisnis apa pun menetapkan tujuan itu wajib.
Dengan memiliki tujuan yang jelas Anda akan fokus mencapai hasil akhir yang
Anda inginkan. Anda akan mampu menyusun rencana-rencana yang masuk akal untuk
mewujudkan itu semua.
Tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menetapkan
tujuan. Ambil kertas dan pena, kemudian Tuliskan tujuan Anda. Tulis apa bisnis
Anda (spesifik), tulis apa hasil akhir yang ingin Anda capai. Tentunya harus
yang masuk akal (bisa diwujudkan).
2. Listen (mendengarkan)
Pebisnis efektif adalah pendengar yang baik. Anda harus
membuka lebar-lebar telinga Anda untuk mendengar apa yang terjadi di
masyarakat, apa masalah – masalah yang dihadapi, apa yang menjadi kebutuhan
mereka dan semua isu penting yang berkaitan dengan bisnis Anda. Anda juga perlu
mendengar untuk mengetahui tentang siapa calon pembeli atau pengguna jasa Anda,
bagaimana karakter mereka, bagaimana gaya hidup mereka dan bagaimana mereka
akan peduli dengan produk atau jasa yang Anda jual.
Jika ini bisa Anda lakukan dengan baik, maka Anda akan
mampu membuat produk atau jasa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pasar.
3. Build (membangun)
Karena konteks awal dari pengembangan bisnis Anda melalui
social media. Maka Anda harus menentukan jenis media atau saluran yang akan
Anda gunakan. Apakah Anda akan menggunakan website bisnis, blog, facebook page
atau social media yang lain. Anda harus memastikan bahwa Anda bisa membangun
ini dengan baik, kemudian mendatangkan traffic untuk membangun prospek yang
akan menjadi pembeli produk atau jasa yang akan Anda jual.
4. Engage ( Menggunakan)
Dalam tahap ini Anda harus mampu memilih tim yang tepat
dalam membangun bisnis. Dan yang harus Anda ketahui, masing-masing tim yang
Anda libatkan harus memiliki gairah yang kuat dalam bidang yang Anda
kembangkan. Di samping itu, Anda juga harus melibatkan diri dalam membangun
konten yang baik, dan disiplin dengan hal itu. Konten Anda harus transparan,
bisa dipahami dengan baik, relevan dan memberikan nilai tambah untuk pembaca
Anda.
Satu hal yang harus Anda hindari jangan melakukan SPAM.
Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara
bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Jika ini Anda lakukan Anda
akan benar-benar kehilangan calon pembeli atau pengguna jasa Anda.
5. Analyze and Optimize (Menganalisis dan Optimalkan)
Untuk keberlangsungan bisnis Anda dalam jangka panjang,
maka langkah ini tidak bisa Anda tinggalkan, yaitu menganalisa dan
mengoptimalkan. Ini adalah bagian yang cukup sulit, namun jika ini berhasil
Anda lakukan maka keberlangsungan bisnis yang Anda kembangkan melalui social
media akan mencapai hasil yang baik.
Anda harus bisa mengotimalkan berbagai media yang Anda
pakai, apakah itu blog, facebook page, twitter, you tube atau yang lain.
Disamping itu Anda juga harus mengalisa secara rutin perkembangkan social media
Anda, seperti traffic, jumlah subscriber, jumlah fans facebook, follower dan
lain-lain.
Demikianlah
beberapa strategi yang harus dijalankan dalam memanfaatkan social mediauntuk
mengembangkan bisnis Anda. Satu hal perlu saya tegaskan kepada Anda.
Mengembangkan bisnis melalui social media membutuhkan proses, tidak ada yang
instan. Artinya Anda harus melalui tahapan demi tahapan yang terencana dengan
baik. Percayalah jika Anda memulai itu sekarang, suatu saat nanti bisnis yang
Anda kembangkan dengan memanfaatkan social media ini akan membuahkan hasil yang
maksimal.
Komentar
Posting Komentar
Saya senang mendapatkan feedback apapun dari pembaca semua.