Konsep Dasar Object Oriented Programming (OOP)
Apa itu OOP atau Object Oriented Programming ?
OOP yaitu suatu paradigma atau bisajuga disebut metode pemrogramman yang berorientasi kepada object. Tujuan dari pembuatan metode ini yaitu untuk memudahkan pemrogramman dengan membandingkan dengan object-object yang ada didunia nyata. Misal : Mobil, Pesawat atau Manusia merupakan object.
Pada pemrogramman berorientasi objek ada beberapa konsep dasar yang harus kita pahami secara umum. Apa saja konsep tersebut ?
OOP yaitu suatu paradigma atau bisajuga disebut metode pemrogramman yang berorientasi kepada object. Tujuan dari pembuatan metode ini yaitu untuk memudahkan pemrogramman dengan membandingkan dengan object-object yang ada didunia nyata. Misal : Mobil, Pesawat atau Manusia merupakan object.
Pada pemrogramman berorientasi objek ada beberapa konsep dasar yang harus kita pahami secara umum. Apa saja konsep tersebut ?
Berikut akan dipaparkan mengenai konsep-konsep tersebut satu per satu:
1. Encapsulation (Pengenkapsulasi/ Pembungkusan).
Enkapsulasi adalah proses pembungkusan suatu objek agar dapat di manage penggunaan nya. Apa saja yang dapat di enkapsulasi ? yaitu class, method, atau attribut. Ada 4 macam enkapsulasi dalam OOP yaitu public, protected, default, dan private.
- Public yaitu bisa di akses oleh kelas itu sendiri, kelas lain, mau pun sub kelas dalam suatu package maupun package lain, atau dikatakan bisa diakses oleh semua.
- Protected yaitu bisa di akses dari kelas yang sama, suatu kelas dalam package yang sama, dari sub kelas dalam package yang sama, dari suatu sub kelas diluar package yang sama. Tapi tidak bisa diakses dari suatu non sub-kelas diluar package.
- Default yaitu bisa di akses dari kelas yang sama, suatu kelas dalam package yang sama, dari sub kelas dalam package yang sama. Tapi tidak bisa diakses dari suatu sub kelas diluar package yang sama maupun dari suatu non sub-kelas diluar package.
- Private yaitu hanya bisa diakses oleh kelas yang sama atau kelas itu sendiri.
2. Inheritance ( Pewarisan )
Inheritance yaitu suatu proses pewarisan dari suatu super class (parent) pada sub class (child). Pada suatu class untuk mewarisi sifat dari suatu super class dapat menggunakan keywords "extends". Sub class bebas menggunakan apa saja attribut atau method yang terdapat pada super class. Tetapi sebaliknya superclass tidak dapat menggunakan attribut maupun method daripada sub class. Satu sub class hanya bisa meng extends satu super class. Apabila sub class ingin menggunakan method dari kelas lainya maka digunakanlah interface. Untuk menggunakan interface dapat menggunakan keywords "implements" yaitu mengimplementasikan suatu interfaces. Interfaces merupakan suatu object yang mempunyai kontrak apabila suatu sub class
ingin mengimplementasikan nya (interfaces) harus mengimplementasikan semua method yang terdapat pada interfaces tersebut. Apabila ada satu method yang tidak terimplementasikan maka akan terjadi error. Tetapi suatu class dapat mengimplementasikan lebih dari satu interfaces.
3. Polimorfism ( Polimorfisme )
Polimofrism yaitu kemampuan suatu object untuk melakukan banyak hal melalui satu cara yang sama. Atau sub kelas-kelas berbeda yang berasal dari suatu super class dan dapat mempunyai method yang sama dengan cara pelaksanaan yang berbeda-beda. Artinya suatu method akan memiliki perilaku yang berbeda apabila dilewatkan pada kelas yang berbeda-beda.
4. Abstaction ( Abstract )
Abstaction yaitu proses penyembunyian object tertentu dan hanya menampilkan fitur-fitur yang penting dari object tersebut. Dengan kata lain ini berhubungan dengan apa yang ditampilkan pada interfaces atau pun abstract class.
Istilah-istilah yang berhubungan dengan Object Oriented Prograamming :
Class atau sering disebut blue print yaitu suatu kumpulan perintah dapat berisi attribut maupun method yang digunakan untuk menghasilkan suatu object. Atau lebih mudah disebut dengan rancangan dari suatu object.
Object yaitu suatu variable yang merupakan instance dari Class, atau pembuatan suatu variable baru tapi meng instansiasi daripada suatu Class.
Instance sering diartikan sebagai wujud dari class.
Overloading yaitu suatu keadaan dimana beberapa method dengan nama yang sama tetapi fungsionalitasnya berbeda atau nama method yang sama tapi dengan arguments atau parameter yang berbeda.
Overriding Fitur yang memungkinkan method berbeda memiliki nama dan tipe argumen yang sama, tetapi implementasi pada class yangberbeda. Atau menulis kembali suatu method pada sub class dengan fungsi dan attribut yang sama dari super class.
Attribut yaitu anggota dari pada suatu class, atau biasa disebut sebagai ciri-ciri dari suatu class, sedangkan prilaku nya (class) disebut dengan method.
Abstract Class yaitu class yang dapat extends baik dari kelas yang konkret atau dari abstrak
kelas.
Iterator merupakan suatu interfaces, iterator digunakan untuk menelusuri elemen-elemen koleksi.
Komentar
Posting Komentar
Saya senang mendapatkan feedback apapun dari pembaca semua.